[ULASAN 1] Cryptography basics: What is Encryption and Decryption

Video yang akan diulas pada halaman ini diambil dari link berikut : https://youtu.be/BEb_AnPWPwY dengan judul  Cryptography basics: What is Encryption and Decryption. Video tersebut dipublikasikan oleh kanal Youtube Skill Gurukul pada tanggal 28 April 2014 dengan panjang durasi 06:45. Video tersebut sudah dilihat sebanyak 54,936 viewers pada tanggal 13 Mei 2017.

Video ini menjelaskan tentang cara kerja cryptography yang terdiri dari dua proses yaitu encryption dan decryption, yang dijelaskan oleh Ram dari EngineeringMentor.com. Encryption terjadi ketika sender ingin mengirimkan sebuah pesan yang disebut plain text, encryption system akan melakukan converting pesan tersebut menjadi sebuah file encrypted yang disebut dengan cipher text. Kemudian, si penerima pesan akan memiliki key yang digunakan pada saat encryption pesan agar dapat diubah kembali menjadi pesan yang dapat dibaca oleh manusia, tahap tersebut disebut dengan decryption.

Mengapa kita membutuhkan cryptography untuk transmisi sebuah pesan? Hal ini dicontohkan di dalam video tersebut, yaitu ketika kita melakukan payment terhadap barang yang kita beli menggunakan credit card. Tentu saja informasi penting dari credit card kita tersebut akan tersimpan di dalam sebuah sistem. Bagaimana jika pada saat kita melakukan payment tersebut, terjadi cyber attack oleh hacker yang mengambil data pribadi kita seperti password? Tentu saja hal itu tidak diinginkan. Di sinilah cryptography akan berguna. Ketika sebuah pesan yang ditransmisikan telah dienkripsi, maka pesan tersebut hanya bisa dibaca oleh pemegang key yang digunakan pada saat encryption, dan jika seorang hacker mengambil data tersebut, ia tidak akan bisa membaca pesan sesungguhnya karena pesan tersebut sudah diubah menjadi sebuah kode unik yang tidak dapat dibaca.

Menurut saya, video tersebut sangat bermanfaat dengan durasi yang sangat singkat. Penggunaan gambar dan audio yang bagus dapat menunjang viewers untuk lebih memahami apa yang dijelaskan di dalam video tersebut. Ditambah penggunaan bahasa dan pronunciation yang jelas menambah nilai bagus tersendiri untuk video tersebut.

Github Account : riccafitriani
URL Video : https://youtu.be/BEb_AnPWPwY (6 menit 45 detik)
Video Author : Skill Gurukul
Pemetaan : week02
Revisi pertama : 13/05/2017
Revisi terakhir : 13/05/2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING04

RANKING06

[ULASAN 2] Public, Private & Hybrid Clouds